logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Cermat Menata Jendela Rumah

Tips Rabu, 30 Mei 2018
Cermat Menata Jendela Rumah

Tak dapat disangkal lagi, kehadiran jendela teramat penting bagi sebuah hunian. Melalui jendela, Sobat Rajawali dapat melihat pemandangan luar, merasakan udara segar yang masuk ke ruangan, hingga menerangi ruang-ruangan dengan cahaya alam. Bukan sebatas itu, keberadaan jendela pun dapat membuat elok tampilan rumah. 

Lantaran itulah, maka menjadi wajib hukumnya jika setiap rumah harus berjendela. Entah itu rumah berukuran kecil, sedang, atau besar maupun rumah bergaya klasik hingga modern, jendela itu begitu diperlukan. Bayangkan saja, jika rumah tak ada jendela dapat dipastikan hunian itu tidak nyaman dan pengap. Meskipun begitu, sebaiknya Sobat Rajawali juga tidak asal-asalan meletakkan jendela untuk hunian karena menyangkut aspek kenyamanan dan estetika suatu rumah. 

Dahulu ada semacam aturan tak tertulis bahwa jumlah besaran jendela di suatu rumah tak lebih dari 10% bidang dinding luar. Namun, belakangan aturan tersebut tidak lagi menjadi patokan. 

Soal penempatan, Sobat Rajawali dapat menempatkan jendela itu di sumbu utara-selatan lantaran bakal mendapatkan sinar matahari pagi secara penuh dan minim cahaya matahari pada sore hari. Dengan demikian, rumah tidak terlalu panas oleh sinar matahari. Area sumbu utara-selatan juga cocok untuk ditempatkan jendela berukuran besar.

Namun, pada zaman sekarang penempatan jendela banyak dipengaruhi gaya dan karakteristik pemilik rumah. Umpamanya, minim bukaan jendela di depan rumah. Begitu di bagian belakang menghadap halaman diisi dengan banyak jendela. 

Mengingat kini tengah tren rumah bergaya modern minimalis yang berciri minim ornamen serta mudah dirawat, maka desain kosen atau bingkai jendelanya polos rata berprofil kotak. Kemudian material bingkainya disarankan untuk menggunakan alumunium guna menyesuaikan konsep modern minimalis. 


Mahalnya harga kayu saat ini, Sobat Rajawali dapat menyiasatinya dengan menggunakan material alumunium bermotif kayu untuk menyiasati hal tersebut. Kebetulan jenis alumunium ini sudah banyak dijumpai di pasaran. 

Selebihnya agar semakin mempercantik jendela, Sobat Rajawali jangan lupa menempatkan ornamen tambahan pada bingkai jendela atau di sekitarnya ya. 

Galeri