logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Sarat Manfaat, Mari Perbanyak Lubang Biopori

Tips Jum'at, 28 Februari 2020
Sarat Manfaat, Mari Perbanyak Lubang Biopori

Halo Sobat Rajawali, apakah Anda tahu apa itu lubang biopori? Lubang tegak lurus di dalam tanah berdiameter kurang lebih 10-30 cm dan berisi sampah organik seperti sayur dan daun-daunan di dalamnya. 

Meski wujudnya kecil, tapi manfaatnya besar, seperti mengurangi sampah organik, menyuburkan tanah, mempengaruhi jumlah air tanah, dan membantu mencegah banjir. 

Lalu, bagaimana cara membuat lubang Biopori agar Sobat Rajawali memperoleh manfaat. Apalagi peralatan yang dibutuhkan pun sangat mudah dan sederhana.  

Berikut ini bahan-bahan dan cara mudah membuat lubang biopori yang bisa Sobat Rajawali praktekkan.

Alat dan bahan :

1.    Bor tanah

2.    Pipa PVC dan penutup yang sudah dilubangi bagian sisi-sisinya

3.    Sampah organik

4.    Air.

Cara membuat :

1.  Tentukan lokasi pembuatan, yakni pada area terbuka yang akan terkena air hujan. Misalkan di halaman rumah, sekitar pepohonan, sekitar         tempat parkir, dan tempat terbuka lainnya.

2.  Setelah ditentukan tempatnya, siram tanah yang akan dijadikan sebagai tempat pembuatan biopori dengan air, agar tanah menjadi    lebih         lunak dan mudah untuk dilubangi.

3.  Lubangi tanah dengan menggunakan bor tanah, usahakan buat yang tegak lurus. 

4.  Buat lubang dengan kedalaman kurang lebih 1 meter dengan diameter 10-30 cm.

5.  Setelah itu, lapisi lubang tanah itu dengan pipa PVC (yang telah dilubangi sisi sisinya) yang ukurannya sama dengan diameter lubang di tanah.

6.  Kemudian isi lubang itu dengan sampah organik seperti daun, rumput, kulit buah-buahan, dan sampah yang berasal dari tanaman lainnya.

7.  Setelah itu tutup lubang menggunakan kawat besi, atau bisa juga memakai tutup pipa PVC yang sudah dilubangi terlebih dahulu. Selesai. 

 

Bagaimana Sobat Rajawali, mudah bukan? Yuk langsung praktekkan. Apalagi sedang musim penghujan nih, pasti akan sangat berguna bagi lingkungan. Cuss

Galeri