logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Kiat Menanam Rumput Gajah

Tips Rabu, 12 Februari 2020
Kiat Menanam Rumput Gajah

Sobat Rajawali, rumput gajah makin popular sebagai dekorasi halaman. Daunnya yang menyejukkan mata membuat rumput gajah banyak dijadikan pilihan memperindah halaman. Selain itu, sulur tanaman rumput gajah yang pendek membuat Sobat Rajawali tidak repot merawatnya.

Jika Sobat Rajawali memilih rumput gajah, maka dapat menanam sendiri tanpa perlu bantuan tukang dan alat khusus. Caranya sangat mudah, yakni:

1.       Gemburkan tanah mengunakan cankul. Cankul dan balikkan tanah hingga kedalaman sekitar 20 centimeter. Setelah itu ratakan.

2.       Siapkan rumput dalam bentuk dan ukuran kecil sekitar 3 centimeter hingga 5 centimeter. Setelah itu, benamkan rumput ke dalam tanah hingga seluruh akarnya tertimbun. Tanam rumput secara zigzag sehingga pertumbuhan rumput subur, dan rapat.

3.       Perkuat ikatan rumput dengan tanah. Pukul perlaham permukaan rumput hingga akarnya melekat ke dalam tanah. Ratakan juga posisi rumput dan permukaan tanah dengan menggunakan batu bata atau balk kayu. Diamkan rumput selama seminggu hingga akarnya tumbuh.

4.       Taburkan pupuk urea dan NPK secara merata yang diimbangi dengna pemberian air. Sediakan drainase di tepi taman yang berhamparan rumput. Drainase dapat berupa lapoisan koral, ijuk dan tanah. Hal ini penting agar air tidak menggenangi rumput yang dapat berakibat busuk dan mati.

5.       Siram dengan air menggunakan ceret berlubung kecil. Tekanan rendah akan menghindari penggenangan air di tanah dan rumput.

Lima langkah dalam menanam rumput gajah ini dapat Sobat Rajawali terapkan dengan mudah. Silahkan mencoba Sobat Rajawali.

Galeri