logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Cegah Penyegaran Covid-19, Ini Upaya Mandiri yang Bisa Dilakukan

Tips Senin, 20 April 2020
Cegah Penyegaran Covid-19, Ini Upaya Mandiri yang Bisa Dilakukan

Sobat Rajawali, guna menekan penyebaran Covid-19, masyarakat selain diharapkan melakukan physical distancing dengan tetap tinggal di rumah, menerapkan pola hidup bersih, juga bisa melakukan penyemprotan desinfektan di rumah masing-masing.

Guna mendukung kesuksesan imbauan tersebut, banyak hal yang bisa dilakukan Sobat Rajawali. Pola hidup bersih dan sehat bisa dilakukan dengan rajin-rajin mencuci tangan.

Sedangkan untuk penyemprotan desinfektan pun juga bisa dilakukan Sobat Rajawali secara mandiri dari bahan sederhana namun cukup ampuh dan ramah lingkungan.

Beberapa langkah prakteknya, diantaranya dengan pembuatan kran ember cuci tangan yang diletakkan di depan rumah warga dan juga pembuatan larutan desinfektan yang sederhana dari cuka.

Berikut detail cara pembuatannya ;

1. Desinfektan dari cuka.

Menurut Profesor Arif Sumantri, Ketua Umum Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI).

Sobat Rajawali dapat secara mandiri membuat cairan desinfektan di rumah dari bahan yang mudah diperoleh, yakni cuka, air dan minyak esensial, seperti kayu manis, cengkeh, kayu putih, dan jeruk nipis.

Cara pembuatan desinfektannya juga mudah. Campurkan setengah cangkir gelas cuka dengan setengah gelas air, lalu ditambah dengan 12 - 24 tetes minyak esensial, seperti kayu manis, cengkeh, kayu putih, dan jeruk nipis tadi.

Setelah tercampur, masukkan dalam botol penyemprot dan simpan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak.

2. Pembuatan Kran Ember Cuci Tangan.

Salah satu peralatan yang bisa Sobat Rajawali hadirkan untuk mendukung pola hidup bersih dan sehat adalah dengan membuat ember cuci tangan, yang dilengkapi kran air.

Sebelum proses pembuatannya, bahan yang harus disiapkan antara lain : ember bekas cat ukuran 10 liter, bisa bekas atau baru. Kalau tidak ada ember bekas cat bisa pakai ember biasa.

Lalu bahan seperti kran plastik yang modelnya seperti kran untuk dispenser. Bahan ketiga adalah mesin bor atau besi bekas yang berguna untuk melubangi ember di bagian samping bawah yang kemudian dipasangi kran air tersebut.

Adapun cara pembuatannya : Pertama, lubangi bagian samping ember paling bawah dengan bor. Kalau tidak ada bor gunakan besi yang dipanasi untuk melubangi seukuran diameter kran air yang dimiliki.

Setelah itu, keran yang telah disiapkan, dimasukkan ke dalam lubang, yang berfungsi untuk mengalirkan air saat cuci tangan.

Pastikan terpasang presisi. Dan kalau perlu ditambah lem atau lakban hitam di sekeliling tempat pemasangan keran tersebut, agar tidak ada rembesan ketika diisi air.

Setelah semua selesai, bisa diletakkan di depan rumah, di atas kursi kayu yang mungkin sudah tidak terpakai. Dilengkapi dengan sabun cair cuci tangan.

 

Nah, bagaimana Sobat Rajawali, mudah bukan. Selamat mencoba dan  mengaplikasikannya di depan rumah sobat semua.

 

 

Galeri