logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Kiat Menata Lemari Pakaian

Tips Jum'at, 11 Mei 2018
Kiat Menata Lemari Pakaian

Pernahkah kamar tidur Sobat Rajawali terasa sempit karena kehadiran sebuah lemari pakaian? Jika ya, boleh jadi Sobat Rajawali kurang cermat dalam memilih dan menata perabotan tersebut. 

Lemari pakaian bukan sekadar tempat penyimpanan busana. Lebih dari itu perabotan tersebut juga berfungsi sebagai elemen dekoratif dalam ruangan jika tepat memadu-madankannya. Mulai dari warna, ukuran, hingga material lemari pakaian itu sendiri. 

Masih soal warna, warna-warna lemari pakaian seperti hitam, putih, dan krem sebagai warna netral juga bisa menjadi pilihan Sobat Rajawali. Selain warna di bagian luar lemari pakaian, Sobat Rajawali juga bisa memperhatikan warna bagian dalamnya. 

Misalnya, warna putih dan krem yang terang kerap digunakan sebagai warna bagian dalam lemari pakaian karena terlihat bersih dan netral serta optimal menampilkan beragam warna dari pakaian yang disimpan. Dengan demikian, memudahkan Sobat Rajawali saat memilih dan mengambil pakaian. 

Adapun untuk hunian bergaya interior modern, lemari pakaian hendaknya dipilih yang sepi ornamen. Namun, kalau Sobat Rajawali ingin menempatkan lemari pakaian sarat ornamen sebagai aksen dari furnitur yang ada juga sah-sah saja. 

Bicara soal ukuran lemari pakaian, ukuran ideal sebuah lemari pakaian di sebuah ruangan bergantung pada kebutuhan penggunanya. Akan tetapi jika dilihat secara perbandingan, biasanya lemari pakaian membutuhkan 1/5 maksimum dari luasan ruang yang ada. Luasan tersebut mencakup luasan saat pintu lemari pakaian terbuka dengan gaya bukaan pintu swing atau membuka ke depan. 

Sebaliknya jika pintu lemari pakaian tersebut menggunakan gaya geser, hendaknya 1/5 luasan ruang sudah mencakup dua kali ketebalan dari lemari pakaian.

Hal lainnya yang juga penting, menyangkut pilihan material lemari pakaian. Jamaknya digunakan kayu yang sudah melewati proses tertentu maupun natural. Sementara itu, lemari pakaian bermaterial plastik biasanya lebih umum dipakai sebagai pelapis bagian dalam dari lemari pakaian. Dalam perkembangannya material kayu atau plastik bisa juga bertukar fungsi untuk bagian dalam dan luar dari lemari pakaian. 

Hal ini tergantung dari selera Sobat Rajawali. Hanya saja materi kayu biasanya lebih mudah beradaptasi dengan beragam gaya interior yang ada dibandingkan dengan plastik yang kesannya futuristic.

Catatan lainnya yang harus Sobat Rajawali perhatikan, jika ingin menempatkan cermin di kulit luar daun pintu lemari pakaian, sebaiknya jangan di sisi sejajar dengan kepala saat tidur. Walaupun penempatan cermin di pintu luar lemari pakaian dapat memberikan efek memperluas ruang, tetapi penempatan di sisi kepala bisa membuat kaget penghuni karena melihat refleksi wajahnya saat bangun tidur.

Galeri