logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Saatnya Yang Jadul Mempercantik Rumah

Tips Senin, 26 Maret 2018
Saatnya Yang Jadul Mempercantik Rumah

Bila Sobat Rajawali memiliki benda lawas atau jadul sepatutnya jangan disimpan saja di dalam lemari dan gudang. Namun, keluarkan dan letakanlah benda itu di sudut-sudut ruang hunian. Walau terkesan usang, benda-benda ini ternyata dapat dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi.

Ada beragam benda klasik yang bisa dijadikan untuk elemen dekorasi seperti radio, piringan hitam, foto-foto bintang film dan pernak-pernik lainnya. Dengan bentuk yang khas dan warna-warna pudarnya, benda jadul ini memang pas untuk aksesoris interior. 

Untuk mencari benda-benda ini pun tidak terbilang sulit karena bisa didapati lewat pasar barang antik, dan pasar loak seperti di Pasar Poncol, Jembatan Item Jatinegara, atau kawasan Blok M Square.


Sobat Rajawali perlu tahu bahwa memajang barang-barang jadul akan membuat karakter rumah menjadi berbeda. Benda jadul ini seakan mampu ‘berbicara’ kepada penghuni maupun tamu. Alhasil benda-benda jadul semacam artefak sejarah di rumah. 

Ketika masuk ke rumah, tamu Sobat Rajawali kemungkinan besar akan tertarik mengamati benda-benda jadul. Dari pengamatan itu, kemudian berlanjut pada perbincangan terhadap barang jadul. Semacam ‘pemecah es’ yang tadinya bingung mau bicara apa, tetapi bisa dimulai pembicaraan dari benda jadul. 

Untuk keperluan dekorasi rumah, Sobat Rajawali perlu suka terlebih dahulu dengan barang jadul yang akan dipajang. Kesenangan itu karena benda tersebut memiliki cerita masa lalu atau lantaran bentuknya yang unik. 

Selanjutnya, benda-benda jadul itu disesuaikan dengan tema rumah. Hal ini diperlukan agar benda-benda jadul tidak merusak konsep rumah. Bila merujuk pada tren rumah-rumah bergaya vintage, benda-benda ini sangat cocok diletakkan di dalam hunian. 


Hal lain yang perlu dicermati oleh Sobat Rajawali adalah warna. Benda-benda jadul pada umumnya memiliki warna yang khas. Atas kondisi itu, hendaknya perabotan jadul diselaraskan dengan warna interior rumah. 

Soal penempatannya, Sobat Rajawali dapat meletakkan di mana saja seperti ruang makan, ruang tamu, dan ruang keluarga. Namun, sebaiknya peletakan benda-benda lawas itu ditaruh di tempat yang mudah terlihat oleh penghuni maupun tamu. Tertarik?

Galeri