logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Suasana Hidup dengan Lampu

Tips Selasa, 20 Februari 2018
Suasana Hidup dengan Lampu

Dalam hunian, lampu berperan penting untuk memberikan pencahayaan. Namun, selain fungsi utamanya sebagai penerang kegiatan anggota keluarga, pendar cahaya lampu juga dapat dipakai untuk ‘menghidupkan’ suasana di dalam rumah. 

Sesungguhnya tidak perlu biaya besar untuk memiliki lampu interior ini. Sebab, Sobat Rajawali dapat memanfaatkan beberapa material bekas yang mudah dijumpai di rumah, seperti material kayu, botol bekas anggur yang dapat dimanfaatkan untuk mempercantik lampu interior.

Botol bekas anggur dapat dimanfaatkan untuk membuat lampu yang bergantung cantik di langit-langit rumah. Anda dapat mulai memotong botol anggur sedikit lebih pendek dan membiarkan bola lampu menonjol ke luar.

Lampu yang menonjol ini akan menghasilkan cahaya yang menyebar ke ruangan dan mencegah efek cahaya hijau terpendar dari botol. Sebaliknya, jika Anda membiarkan botol anggur lebih panjang dibandingkan lampu, maka Anda akan mendapatkan pendaran warna hijau yang lebih dominan.

Guna mempercantik ruangan dalam hunian, Anda juga dapat menggunakan bola lampu bergaya vintage, seperti penggunaan bola lampu Edison berkapasitas 25 Watt atau 40 Watt. Ciri khas cahaya redup yang terpendar dari bola lampu Edison membuat ruangan terasa menyenangkan.

Namun, pemilihan lampu hias sebaiknya disesuaikan dengan konsep interior ruangan. Dia mencontohkan konsep ruang yang klasik akan lebih pas dipadukan dengan lampu berbahan metal dengan desain yang klasik atau vintage. 

Bahan metal yang dapat dijadikan pilihan adalah cooper, brass, dan stainless. Sementara itu, konsep ruang modern dapat dipadukan dengan lampu berbahan plastik atau kayu yang berbentuk geometris.

Arlinda menyarankan penggunaan lampu gantung lebih baik digunakan apabila plafon ruangan tinggi. Dia mencontohkan jika ketinggian plafon 2,7 meter lebih baik menggunakan downlight, lampu bulat yang biasa menempel di plafon.

Sementara itu, table lamp atau lampu meja cocok digunakan untuk ruang yang luas. Adapun wall lamp atau lampu yang menempel pada dinding lebih tepat digunakan di area tempat tidur atau foyer untuk memberi aksen dinding dan juga aksen cahaya pada ruang. 

Floor lamp atau lampu tinggi akan lebih cocok diletakkan di sudut ruang, mengingat pendar cahaya lebih menyejukkan mata. Tertarik Sobat Rajawali?

Galeri