logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Mengintip Jendela Rumah

Tips Kamis, 18 Januari 2018
Mengintip Jendela Rumah

Tak dapat disangkal lagi, jendela merupakan salah satu elemen penting yang perlu dihadirkan dalam hunian. Melalui jendela, kita dapat melihat keindahan pemandangan luar rumah dan merasakan udara segar berembus ke dalam ruang, sekaligus mendapatkan pencahayaan alami.

Hal pertama yang diperlukan Sobat Rajawali dalam mendesain jendela adalah memperhatikan tujuan pembuatannya. Apakah jendela itu untuk mendapatkan sinar matahari atau memperbaiki sirkulasi udara di dalam rumah?

Dengan memperhatikan hal tersebut maka desain jendela banyak terpengaruh fungsi atau tujuan yang ingin dicapai. Dahulu terdapat aturan tak tertulis bahwa jumlah besaran jendela di suatu rumah tak lebih dari 10% bidang dinding luar.

Namun, sekarang ini aturan tersebut tidak lagi menjadi patokan karena semua tergantung kepada selera, tujuan, dan kemampuan pemilik rumah. Hal itu dikarenakan semakin besar ukuran jendela akan berdampak pada biaya, meskipun kesan megah akan tampak lebih dominan. 

Kedua, terkait penempatan jendela, biasanya para penghuni rumah lebih suka menempatkan jendela itu di sumbu Utara dan Selatan lantaran bakal mendapatkan sinar matahari pagi secara penuh, dan menjelang petang akan minim cahaya matahari. Akibatnya, hawa di dalam ruangan tidak terlalu menyengat karena sinar matahari. 


Ketiga, ragam model jendela. Saat ini, mengingat jendela yang tidak hanya ditonjolkan dari sisi fungsi saja, tetapi juga dari sisi ornament maka menjadi wajar jika model jendela menjadi lebih beragam.

Di rumah yang bergaya modern minimalis dengan ciri kesederhanaan dan kemudahan untuk dibersihkan maka kebanyakan desain jendela yang menjadi pilihan adalah kotak polos. Selain itu, material yang dipilih kebanyakan menggunakan aluminium. Berbeda dengan rumah bergaya tradisional akan lebih banyak menggunakan jendela dari kayu. Namun, bukan berarti tidak bisa dibalik rumah modern menggunakan kayu.

Keempat, dari sisi pewarnaan dikembalikan kepada selera pemilik rumah. Tidak ada ada keharusan apakah warna bingkai jendela harus kontras dengan cat dinding. Ada penghuni yang rumahnya bergaya monokromatik biasanya memilih menggunakan warna jendela yang sama dengan dinding. 

Galeri