logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Cara Praktis Bikin Perabotan Lebih Higienis

Tips Kamis, 18 Januari 2018
Cara Praktis Bikin Perabotan Lebih Higienis

Tahun baru akan selalu jadi momen spesial bagi seluruh anggota keluarga. Kondisi rumah bersih dan perabotan yang tertata rapi tentunya akan menyenangkan hati anggota keluarga dan kerabat yang berkunjung untuk merayakan acara Tahun Baru. 

Sobat Rajawali, yuk simak tips cepat dan mudah untuk membersihkan perabotan rumah di bawah ini.

• Wallpaper

Kotoran yang menempel pada wallpaper dapat dipastikan merusak tampilan interior hunian Anda. Guna membersihkan wallpaper, Anda dapat mencampurkan tepung maizena dan air. Gosokan cairan pembersih ini di wallpaper dengan mengunakan sikat gigi. Bilamana kotoran masih membandel, Anda dapat mengganti tepung maizena dengan baking soda murni.

• Lukisan dan Foto Tua

Membersihkan lukisan seringkali memunculkan kekhawatiran jika membuat cat akan mengelupas sehingga merusak keindahannya. Jangan khawatir, jika Anda ingin membersihkan lukisan yang dibuat dengan cat minyak, Anda cukup menggunakan roti tawar yang ditekan tekankan pada permukaan lukisan.

Saat roti ditekan pada permukaan lukisan, maka jamur dan kotoran akan menempel pada roti. Anda dapat melakukan hal yang sama pada permukaan foto yang sudah tua.

• Lilin Wangi

Penggunaan lilin saat ini, tidak sekadar menerangi ruangan, tetapi juga mengharumkan ruangan, dan sebagai penghias ruangan.

Jika Anda ingin membersihkan lilin yang mulai berdebu, caranya mudah. Anda tinggal membersihkan permukaan lilin dengan kapas yang sudah ditetesi dengan alkohol.

• Cermin

Membersihkan cermin perlu sedikit perhatian. Mengapa? Cara membersihkan yang salah akan menggores cermin. Hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan cermin adalah mengunakan alat pembersih kaca, seperti spons, wiper, dan fiber.

Saat awal pembersihan sebaiknya menggunakan kain fiber yang berfungsi untuk mengangkat debu pada kaca agar tidak terjadi goresan. Selanjutnya, membersihkan dengan sabun atau detergen dengan menggunakan spons. Pada tahap akhir, Anda dapat menggunakan wiper untuk mengangkat sabun yang tersisa setelah membersihkan kaca.

Ada baiknya jika Anda menggunakan cairan pembersih yang berkandungan zat kimia Isopropil alkohol untuk membersihkan kaca secara optimal. Sebab, alkohol dapat melarutkan mineral yang tidak terlalu menempel di kaca. Namun, untuk kaca berwarna sebaiknya tidak menggunakan cairan pembersih yang mengandung amonia karena warna kaca akan memudar.

• Perabotan Kayu

Ciri perabotan kayu yang sudah lama tidak dipajang adalah kusam dan berdebu.

Jika Anda ingin mengkilatkan kembali perabotan dari kayu, tidak perlu susah untuk memelitur ulang.

Anda cukup memanfaatkan beberapa bahan baku di dapur yakni dua sendok minyak goreng dicampur dengan air perasan jeruk dalam segelas air.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan kain lembut yang telah dicelupkan dalam cairan ini, untuk menggosokkan pada furnitur kayu. Ulangi beberapa kali hingga furnitur kayu menjadi mengkilap.

Guna membersihkan celah ukiran yang terpahat pada kayu, Anda cukup menggunakan kuas bersih atau sikat yang lembut. Perawatan dilanjutkan dengan menggosokkan kemiri yang sudah dibakar untuk furnitur kayu warna gelap.

Sementara, untuk furnitur kayu berwarna terang dapat menggunakan kemiri tumbuk yang telah dibungkus kain. Setelah itu, bersihkan kembali furnitur kayu berukir dengan kain halus.

Galeri