logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Yuk Buat Sendiri Cat Lukis Yang Aman Untuk Anak!

Tips Selasa, 18 Juli 2017
Yuk Buat Sendiri Cat Lukis Yang Aman Untuk Anak!

Menggambar dan mewarnai adalah salah satu aktivitas yang disukai kebanyakan anak-anak. Selain melatih kemampuan motorik, menggambar dan mewarnai tentunya merupakan sarana belajar yang baik untuk meningkatkan kreativitas anak. Nah, peran orangtua dalam hal ini adalah mendampingi sang buah hati dan menyediakan sarana yang baik untuk mereka, khususnya cat lukis yang aman digunakan oleh anak, bahkan apabila tidak sengaja termakan oleh mereka. Untuk itu, mari membuat cat lukis dari bahan-bahan yang mudah didapatkan, murah, dan pastinya aman digunakan anak. Simak tipsnya berikut ini:

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  1. Tepung Maizena – 1/2 cangkir
  2. Gula 3 sdm dan garam ½ sdt
  3. Air matang 2 cangkir
  4. Pewarna makanan / kue
  5. Wadah kecil untuk berbagai warna cat lukis

Cara membuatnya:

1. Campurkan tepung maizena, air, gula dan garam ke dalam wajan yang anti lengket. Panaskan dengan api yang kecil. Aduk adonan tersebut hingga mengental. Kurang lebih 10 menit. Matikan api kompor dan biarkan adonan hingga mendingin.

2. Setelah dingin, pindahkan adonan ke dalam wadah-wadah kecil. Sobat Rajawali bisa memakai wadah agar-agar yang terbuat dari plastik.

3. Di setiap wadah, campurkan 1-3 tetes pewarna makanan. Anda juga mencampurkan 2 warna sekaligus untuk mendapatkan varian warna lainnya. Lalu aduk setiap adonan hingga seluruh warnanya merata. 

4. Voila! Cat lukis sudah siap digunakan oleh sang buah hati! 

Bagaimana? Mudah kan membuatnya? Silahkan Sobat Rajawali coba buat bersama si kecil. Dan pastikan Anda libatkan mereka saat membuatnya. Dijamin, pasti seru!

Galeri