logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Cara Praktis Mengemas Barang Untuk Mudik

Tips Jum'at, 09 Juni 2017
Cara Praktis Mengemas Barang Untuk Mudik

Lebaran akan segera tiba dan mari bersiap-siap memilih barang yang akan di bawa untuk mudik nanti. Kegiatan mengemas barang memang terdengar sepele, namun tetap dibutuhkan trik tertentu agar seluruh barang yang ingin di bawa bisa muat di dalam tas atau koper secara efisien. Selain itu, kita juga harus tahu bagaimana mengemas barang agar seluruh barang yang akan di bawa nanti tetap dalam keadaan baik selama di perjalanan. Apalagi ketika mudik ke kampung halaman, perjalanan akan memakan waktu yang lebih lama, sehingga jangan sampai di bandingkan perjalanan di hari-hari lainnya selain waktu mudik. Jadi, ada baiknya Sobat Rajawali simak cara praktis mengemas barang untuk mudik berikut ini:

1. Buat daftar barang bawaan

Buatlah daftar perlengkapan dan pakaian yang akan dipakai selama mudik. Pilihlah pakaian yang mudah di padu-padankan dan nyaman untuk dipakai sehingga tidak perlu membawa dalam jumlah banyak. Untuk kaus kaki dan pakaian dalam, bawalah dalam jumlah kelipatan 3, dengan perhitungan satu dipakai, satu dicuci, dan satunya lagi masih di jemur atau dikeringkan.


2. Gunakan teknik lipat dan gulung untuk menghemat ruang di dalam tas atau koper

Sobat Rajawali akan mendapatkan lebih banyak ruang ekstra di dalam tas dengan cara menggulung seluruh pakaian dibandingkan dengan cara menumpuk pakaian begitu saja. Melipat dan menggulung pakaian dapat membuat dimensi pakaian jadi lebih kecil dan pastinya jadi lebih mudah untuk ditata dengan rapi. Salah satu teknik menggulung pakaian yang baik bisa dilihat di bawah ini:

3. Letakkan sepatu dan barang dengan bahan yang kuat dan tidak mudah rusak di tas atau koper bagian bawah

Tempatkan sepatu di bagian paling bawah atau dasar dari tas atau koperkarena mereka adalah hal terberat yang harus Anda bawa. Selain itu, bagian bawah koper juga bisa diisi dengan barang-barang lainnya seperti hair dryer dan tas tangan cadangan.

Selain itu, Sobat Rajawali bisa manfaatkan rongga sepatu untuk meletakkan barang-barang yang dapat dikepal seperti kaus kaki atau kaus tipis yang sudah digulung dengan rapi.


4. Pakaian yang Mudah Kusut


Sebaiknya, lapisan teratas dari tas atau koper Anda diisi dengan pakaian yang berbahan halus, ringan, dan yang paling mudah kusut seperti chifon, linen, satin, atau sutra. Bungkus pakaian tersebut dengan kertas tisu untuk mencegahnya kusut, dan letakkan di antara tumpukan baju yang berbahan kaku. 

5. Tanda pengenal koper dan tas

Jangan pernah lupa untuk memberi tanda pada setiap tas, koper, kardus yang Anda bawa dengan pita, tulisan, stiker, atau tanda pengenal lainnya agar tidak mudah tertukar.

6. Bungkus barang pecah belah atau wadah yang mengandung cairan.

Barang pecah belah apa pun yang di bawa, pastikan untuk membungkus mereka dengan kaus kaki terlebih dahulu sebelum mengemasnya masuk ke dalam tas atau koper. Selain itu, bungkuslah wadah yang mengandung cairan (seperti shampoo atau minyak wangi) dengan plastik. Agar jika terjadi tekanan berlebihan di dalam tas, cairan di dalam wadahnya tidak tumpah dan mengotori seluruh isi tas.

Selamat mudik, Sobat Rajawali!

Galeri