logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

Mari Membuat Pot Semen Unik Bersama Si Buah Hati

Tips Jum'at, 09 Juni 2017
Mari Membuat Pot Semen Unik Bersama Si Buah Hati

Libur panjang di akhir pekan bisa Sobat Rajawali manfaatkan untuk mengajak buah hati untuk belajar berkebun. Selain menyenangkan, kegiatan ini akan membuat seluruh anggota keluarga hidup lebih sehat karena ruang hijau di area rumah menjadi lebih banyak. Serunya lagi, cuma dengan berbekal sedikit kreativitas, Anda bisa berkebun bersama anak-anak tanpa memerlukan halaman atau kebun belakang yang luas. Solusinya, cukup dengan meletakkan berbagai tanaman di dalam pot. Nah supaya tanaman-tanaman tersebut terlihat lebih menarik, mari ajak buah hati Anda untuk membuat pot tanaman sendiri! Simak langkah-langkah sederhanan berikut ini:

1. Siapkan alat dan bahan-bahannya:

  • Semen Rajawali dan pasir secukupnya
  • Wadah cetakan kueyang terbuat dari plastik ukuran sedang atau besar
  • Gelas
  • Minyak sayur
  • Air

2. Siapkan cetakan kue, pilihlah bahan plastik yang fleksibel sehingga mudah melepaskan semen dari cetakan ini. Pilih juga cetakan dengan bentuk yang menarik sehingga hasilnya lebih unik dan tidak sama seperti pot kebanyakan. Lumuri bagian dalam cetakan dengan minyak sayur. Lakukan hal yang sama dengan bagian luar gelas. Gelas ini nantinya berfungsi sebagai cetakan dalam pot.

3. Campurkan semen Rajawali, pasir, dan air secukupnya. Tuangkan adonan tersebut di dalam wadah plastik, dengan gelas berada di tengah-tengahnya. Letakkan pemberat seperti batu di dalam gelas, agar gelas tidak berubah posisi. Ratakan permukaan adonan hingga rapi. Kemudian diamkan hingga adonan semen benar-benar kering dan mengeras. 

4. Setelah adonan mengeras, lepaskan gelas perlahan-lahan. Begitu pula dengan wadah plastiknya.

5. Pot tanaman unik sudah siap digunakan. Isilah dengan tanah dan berbagai tanaman hias.

6. Jika ingin lebih menarik lagi, hiasi bagian luar pot dengan melukisnya menggunakan cat minyak. Untuk bagian menghias ini, biarkan kreativitas anak-anak Anda yang bermain.

Galeri