logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

5 Bahan Alami Untuk Membersihkan Rumah

Tips Jum'at, 09 Juni 2017
5 Bahan Alami Untuk Membersihkan Rumah

Setiap orang pasti menginginkan rumah yang menjadi tempat berkumpul keluarga bisa selalu terjaga kerapihan dan kebersihannya. Namun, saat ini hampir seluruh produk pembersih yang kita temukan mengandung banyak bahan kimia yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Hal ini tentu menjadi poin yang harus diperhatikan, khususnya bagi keluarga yang masih memiliki anak-anak di bawah umur. Jangan sampai produk pembersih tersebut menjadi “lebih berbahaya” dibandingkan kuman-kuman yang selama ini ingin kita basmi di rumah.

Untuk mengurangi atau menghentikan pemakaian produk pembersih berbahan dasar kimia yang berbahaya, mari simak 5 bahan alami yang aman, murah, dan mudah untuk dicari di bawah ini, yang bisa Sobat Rajawali gunakan untuk membersihkan rumah Anda.

1. Cuka

Cairan cuka adalah senjata yang ampuh untuk membersihkan noda di kaca jendela, berbagai perabotan dapur seperti teko, cangkir, piring, dan sebagainya. Selain itu, cuka juga cukup efektif untuk membersihkan noda yang membandel di pakaian Anda. Tidak cuma itu, Anda juga bisa menetralisir bau hewan peliharaan dengan meneteskan sedikit cuka di karpet atau lantai yang menjadi area bau hewan peliharaan itu menempel.

2. Air Lemon dan Garam

Selain cuka, air lemon juga menjadi jagoan yang bisa membersihkan berbagai noda di perabotan. Selain memakai ekstrak lemon, Sobat Rajawali juga bisa mencampurkan ekstrak atau air lemon tersebut dengan garam. Campuran ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan kerak yang ada di wastafel dan keran air.

3. Minyak Goreng

Dengan menuangkan sedikit minyak goreng pada kain yang bertekstur lembut, Anda bisa menggunakannya untuk menggosok furnitur yang berbahan dasar kayu, rotan, dan juga wajan, tanpa merusak permukaannya. Setelah itu, lap kembali dengan memakai air bersih.

4. Teh

Jika Sobat Rajawali bermasalah dengan peralatan yang berkarat, teh adalah solusinya. Caranya, Anda cukup mendidihkan daun teh dan hasilkan air teh yang pekat. Rendam peralatan yang berkarat di dalam air teh tersebut selama beberapa jam. Setelah itu gosok peralatan dan bersihkan dengan air.

5. Roti Putih

Selain lezat untuk disantap, roti putih bisa dijadikan bahan untuk menghilangkan noda dan warna yang usang. Caranya, gunakan satu irisan roti putih kering, buang remahnya, kemudian gulung hingga membentuk bola kecil, lalu gosokkan pada bagian yang bernoda.

 

    Galeri