logo
Semen Rajawali - Melekat Kuat, Ramah Lignkungan

7 Tips Ramah Lingkungan Untuk Rumah Impian

Tips Rabu, 19 April 2017
7 Tips Ramah Lingkungan Untuk Rumah Impian

Go green bukan hanya soal memperhatikan lingkungan tapi juga mencakup tren dekorasi rumah. Mendekor rumah dengan furnitur ramah lingkungan dapat memberikan perbedaan besar untuk kesehatan dan lingkungan Anda.

Nah, bila eco-friendly adalah pilihan Anda dalam mendandani rumah, simak tips berikut ini:

1. Pintu dan Jendela Ramah Lingkungan

Ingin tampilan rumah anda cantik sekaligus ramah lingkungan? Manfaatkan kayu palet, atau kayu bekas lainnya atau besi-besi dari barang bekas tak terpakai Anda. Selain kayu bekas, Sahabat Tiga Roda bisa reuse barang-barang lain yang bisa digunakan sebagai konstruksi rumah seperti insulated glass, vinil, alumunium, PVC dan bambu.

 

2. Furnitur dari Barang Bekas

Ketika membeli furnitur untuk rumah Anda, carilah pilihan ramah lingkungan yang terbuat dari kayu dan logam. Furnitur yang terbuat dari bahan bekas memerlukan lebih sedikit pengolahan dan mengkonsumsi sumber daya yang lebih sedikit tanpa menurunkan kualitasnya. 

 

3. Lantai Ramah Lingkungan

Ternyata kita bisa membuat lantai rumah ekstra cantik sekaligus ramah lingkungan loh! Gabus, bambu, inoleum, ubin kaca, karpet wol dan kayu bekas bisa menjadi solusi lantai yang sangat cocok untuk desain rumah hijau. Selain tahan lama, lantai eco-friendly juga stylish.

 

4. Atap Nyaman

Ada sejumlah solusi untuk atap tahan lama sekaligus ramah lingkungan yang bisa dipilih. Atap nyaman dari bahan limbah seperti kayu, karet, plastik dan sampah pasca-konsumsi bisa Anda coba. Selain tahan lama, atap-atap ini juga hemat biaya sekaligus mengurangi timbunan sampah.

 

5. Cat Ramah Lingkungan

Cat ramah lingkungan adalah cara paling mudah untuk memberikan rumah Anda tampilan baru. cat konvensional yang tidak ramah lingkungan biasanya mengandung bahan yang kurang baik bagi kesehatan Anda. cat ramah lingkungan tidak mengandung pigmen kimia berbahaya dan terbuat dari bahan baku alami. Jaga kesehatan sekaligus ramah lingkungan.

 

6. Serba Daur Ulang

Jangan sembarangan membuang barang-barang di rumah Anda. Siapa tahu bisa memanfaatkanya kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sisa baja, kayu bekas, palet aluminium dan fiberglass dapat digunakan kembali untuk membuat perabot rumah berkualitas tinggi yang tahan lama. 

 

7. Hemat Air dan Energi

Langkah sederhana seperti mengurangi konsumsi air dan energi  sangat bermanfaat bagi kelestarian alam. Hanya dengan mematikan lampu ketika Anda meninggalkan ruangan atau keran saat tidak digunakan, Anda telah banyak berhemat. Anda juga dapat menginstal perlengkapan kamar mandi rendah aliran untuk menurunkan penggunaan Anda. Manfaatkan energi matahari untuk membuat rumah ekstra efisien.

 

Selamat mencoba, Sobat Rajawali :)

Galeri